Wednesday 14 November 2018

Sotong Pangkong Pontianak

Bagi Anda para pecinta kuliner masakan daerah, Pontianak adalah salah satu daerah yang wajib dikunjungi karena keberagaman kulinernya yang unik dan lezat. Sotong Pangkong Khas Pontianak adalah makanan yang wajib Anda coba dan cicipi kelezatannya ketika mengunjungi Provinsi Kalimantan Barat. Selain pada hari-hari biasa, Sotong Pangkong juga sering ramai dibeli saat bulan Ramadhan.

Image result for sotong pangkong pontianak

Sotong Pangkong Khas Pontianak memiliki keunikan tersendiri baik dari cara menikmatinya ataupun bumbu dan cita rasanya. Penyajian untuk menikmati Sotong Pangkong biasanya dilengkapi dengan sambal kacang yang tak kalah lezatnya bila dicampurkan dengan sotong. Sotong Pangkong berbahan dasar dari sotong atau cumi. Asal muasal dinamakan Sotong Pangkong adalah karena cara pembuatannya dilakukan dengan mengolah sotong yang dikeringkan kemudian dipukul-pukul. Kata dipukul-pukul pada bahasa Melayu memiliki istilah dipangkong. Dengan demikian Sotong Pangkong adalah sotong yang telah diolah dengan dikeringkan kemudian dipukul-pukul hingga bentuknya menjadi pipih. Alasan pengolahan Sotong Pangkong Khas Pontianak dilakukan dengan dipukul-pukul adalah supaya menghasilkan rasa yang gurih dan lebih nikmat.

Related image

Sotong Pangkong Khas Pontianak biasanya disajikan dengan sambal kacang tanah yang ditumbuk dan dijadikan dengan kuah asam pedas. Biasanya, penjual Sotong Pangkong menyediakan karpet sebagai alas duduk para pengunjung untuk duduk bersantai lesehan sembari menikmati sajiannya. Alasan mengapa makanan ini banyak diburu adalah karena selain memiliki rasa yang lezat, juga bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Sehingga tak heran bila anak-anak dan remaja pun banyak yang membelinya.

Image result for sotong pangkong pontianak

Tekstur sotong yang telah dikeringkan memang tidak seperti sotong yang masih segar dan yang masih mudah dikunyah. Karena sudah kering, sotong ini cukup keras dan membutuhkan waktu untuk dapat ditelan. Namun, itulah ciri khas dan keunikan dari menyantap Sotong Pangkong Khas Pontianak. Sedikit tips untuk menikmati Sotong Pangkong, agar tidak kesulitan ketika mengunyahnya, Anda dapat memotong-motongnya terlebih dahulu menjadi bagian-bagian yang kecil. Setelah itu, cocolkan dengan sambal kacang kemudian santap. Perpaduan dari rasa sotong dengan sambal kacang pedas manis akan menciptakan cita rasa yang unik.

Related image

Bagi Anda yang sedang berlibur atau hendak mengunjungi Kalimantan Barat, wajib untuk berjalan-jalan dan mencicipi Sotong Pangkong Khas Pontianak. Karena ini merupakan makanan daerah, tentunya tidak bisa didapatkan di daerah lain selain di Kalimantan Barat. Maka dari itu, bagi pecinta kuliner yang sedang berkunjung ke Kota Pontianak, jangan lewatkan waktu Anda untuk berkuliner di warung-warung atau restoran yang menjual Sotong Pangkong.

Reference:

Cumibunting.com
Travel.kompas.com
Share:

0 comments:

Post a Comment